Blog yang berisi Tutorial Singkat,Tips dan Trik Seputar IT

10 Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot atau Lambat

Tips Mengatasi Android Lemot - Mengatasi sebuah smartphone android yang lemot atau lambat merupakan sebuah hal yang sangatlah mudah. Banyak para pengguna android yang merasa kesal karena sering merasakan sebuah hal dimana device tiba-tiba menjadi lemot, entah karena sedang membuka aplikasi ataupun karena menjalankannya.

Penyebab dari smartphone android lemot sendiri sebenarnya sangatlah banyak sekali penyebabnya. Salah satunya terlau banyak aplikasi, kapasitas memori yang tidak memadai dan juga karena hal lainnya. Untuk anda yang saat ini merasa terganggu dengan lambatnya device anda, berikut inilah cara mengatasi smartphone android lemot dengan mudah.


1. Menghapus WidgetTerlalu banyak widget pada layar home screen menjadi salah satu penyebab android menjadi lemot. Jika anda menginginkan smartphone android anda lancar, bisa menghapus widget yang benar-benar penting dan memiliki fungsi.

2. Menggunakan Aplikasi SerbagunaSebuah smartphone jika terlalu banyak aplikasi bisa membuat smartphone tersebut menjadi lambat. Tentu, jika banyak yang di install maka penggunaan memori RAM juga banyak. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi yang serbaguna.

3. Tidak Menggunakan Live Wallpaper
Menggunakan live wallpaper mungkin bisa membuat tampilan layar anda lebih keren dan segar, tetapi perlu untuk anda ketahui bahwa hal tersebut bisa membuat smartphone menjadi lemot dan baterai smartphone menjadi cepat habis.

4. Menggunakan Antivirus
Sebuah keamanan perangkat merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga data dan smartphone anda. Dalam penggunaan smartphone sebaiknya silahkan anda install satu antivirus saja yang mampu bekerja kedalam system android.

5. Menggunakan Aplikasi PembersihUntuk membersihkan data seperti junk files, cache dan cookies sebaiknya gunakanlah aplikasi pembersih yang mampu membersihkan data dengan teratur. Aplikasi Clean Master merupakan salah satu aplikasi pembersih yang bisa untuk anda gunakan di dalam membersihkan sampah-sampah yang ada di dalam smartphone anda.

6. Mengaktifkan Auto Kill
Mengaktifkan fitur auto kill ini merupakan salah satu hal yang baik untuk mematik aplikasi secara paksa untuk menghemat penggunaan memori RAM yang terlalu berlebihan. Untuk fitur ini anda tidak perlu khawatir karena penggunaannya sangatlah aman dan bekerja pada background dengan otomatis.

7. Menggunakan Aplikasi BerbayarMencoba sebuah aplikasi yang gratis mungkin sebuah hal yang sangatlah enak, tetapi fitur yang ada di dalamnya sangatlah terbatas dan berbeda jika menggunakan aplikasi berbayar. Hal ini merupakan salah satu penyebab android menjadi lemot karena banyak para pengembang aplikasi gratisan mencoba untuk mendapatkan review supaya bisa mengetahui bugs yang telah ada di dalam aplikasi tersebut.

8. Mematikan Auto-SyncAgar tetap terhubung dengan semua akun yang telah ada di smartphone android, fitur Auto-Sync harus selalu anda aktifkan. Tetapi hal ini sangatlah tidak baik bagi kinerja android karena bisa membuat android anda menjadi lemot. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda menggunakan cara manual saja jika akun tersebut masih kurang penting.

9. Selalu Update Software
Pada saat smartphone anda ada pemberitahuan tentang update software, sebaiknya segera untuk anda lakukan. Mengupdate rutin software bisa membantu mengatasi masalah yang telah ada pada sistem sebelumnya. Untuk melakukannya anda bisa memeriksa langsung di Pengaturan – Tentang – Update Pembaruan – Cek Pembaruan.

10.Menghapus Aplikasi yang Tidak DigunakanJika anda memiliki sebuah aplikasi tetapi tidak anda gunakan, sebaiknya anda hapus aplikasi tersebut daripada bisa membuat sistem android menjadi lemot. Jadi, silahkan anda install aplikasi yang benar-benar penting dan anda gunakan.

Diatas itulah Tips Mengatasi HP Android Lemot atau Lambat yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua dan mampu menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.
Tag : TIPS ANDROID
0 Komentar untuk "10 Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot atau Lambat"

Back To Top